twitter
    Celebrating the T in LGBT

Senin, 25 November 2013

Belajar Gender Yuk! [1]

Halo!

Hampir dua bulan yang lalu, saya ikut pelatihannya PLU Satu Hati soal bullying berbasis SOGIE (Sexual orientation, gender expression, and gender identity). Saya & geng belajar macem2 sih waktu itu, mulai dari SOGIE sampe bullying, hak anak, HAM, dsb. Tapi tetep yaa, pembahasan soal SOGIE selalu paling menarik perhatian. Gak ada bosennya deh bahas topik ini!

Hohohoo.. Buat LGBT people, sebenernya SOGIE ini makanan sehari2. Dihadapi, dimakan, diolah tiap hari, bahkan lebih dari sekali sehari. Tapi eh tapi, udah jadi keseharian gak otomatis berarti kita langsung paham kan? Ya, katakanlah kita doyan makan pecel sampe tiap hari makan pecel. Belom tentu kita ngeh kok bahan/bumbunya pecel itu apa aja.

Secara saya ini orangnya pelupa kelas kakap, ada baeknya saya tulisin lagi pemahaman saya soal SOGIE di blog ini. Lumayan lah, kalo lupa bisa buka lagi catetan ini. Sukur2 kalo bisa berguna buat orang jugak. Hihihii


Saya belajar SOGIE sebenernya udah sejak beberapa tahun yang lalu. Tapi, karena otak saya ini otak visual, gak bakal bener2 paham -apalagi inget- kalo gak ada bantuan gambar. *Duh, siapa sih yang hobi ngapalin teori2 yg bejibun gitu?*
Makanya, waktu pertama kali nemu gambar lucu ini di fesbuk, saya seneng banget!! Makhluk unyu ini namanya Genderbread person. Yaaa, as you know lah, ini plesetannya gingerbread person alias manusia jahe. Kenapa saya hepi? Soalnya gambar ini bisa bikin saya paham dan inget semua teori2 SOGIE yg udah numpuk gak jelas di otak!!
cekidot:


Unyu khaaaaannn? *iya, unyu, kayak saya*

ini gambar genderbread versi 2.1, masterpiecenya "It's Pronounced Metrosexual". Gambar edukasi ini adalah hasil beberapa kali revisi dari versi awal. Karena ini yang terbaru, yok kita adikan patokan. Kalo nanti ada saran/kritik, diobrolin lebih lanjut lah yaa...

Nah, di bawah tulisan genderbread, ada prinsip penting yang harus dipake waktu kita belajar soal SOGIE:
Gender is one of those things everyone thinks they understand, but most people don't. Like Inception, gender isn't binary. It's not either/or. In many cases it's both/and. A bit of this, a dash of that. This tasty little guide is meant to be an appetizer for understanding. It's okay if you're hungry for more.
Gender adalah satu dari sekian banyak hal yang orang pikir mereka paham, padahal kebanyakan tidak. Seperti (film) Inception, gender tidak biner. Bukan "atau". Dalam banyak kasus, gender itu keduanya atau "dan". Secuil ini dan sepotong itu. Panduan kecil yang lezat ini dibuat sebagai pencuci mulut bagi pemahaman. Tidak masalah kalau kamu ingin lebih.

So, udah ngerasa paham soal gender? Inget tuh kata pembuatnya: belum tentu kita beneran paham, lho. Yang mesti dicatet: gender itu tidak biner, bukan cuma hitam-putih. Bisa abu-abu, ato malah warna-warni! Jadi, sebelum belajar lebih jauh soal gender dan terkaget-kaget, tarik napas dulu yuk. Buka hati dan pikiran. Dahi boleh mengernyit, mata boleh menyipit, asal hati gak menyempit.

*bersambung dulu ya, laptopnya mau dipake Mumu*
-ema

2 komentar:

  1. halo maa.. ini titin.. ingat? haha.. gak paham.. agak berat.. tp gambare lucu. hehe..:D, lanjutane ndek mana? mau bacaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo titiiiinnn... Pertanyaan macam apa itu? Ya jelas ingat lah! Hahaha.. Bentar yaa.. Dua minggu ini hectic banget, belum sempat nulis lagi. Tak lanjutkan segera dalam minggu ini :)

      Hapus

What's on your mind? Let me know! :))